Business Plan


Kompetisi business plan adalah salah satu kegiatan di Olimpiade Sains Terapan Mahasiswa Vokasi Indonesia 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dan menjadi wadah ide-ide kreatif mahasiswa. Peserta dituntut untuk mengembangkan ide bisnis yang kreatif, inovatif, dan dapat bermanfaat untuk lingkungan sekitarnya.

  • Kriteria dan Pengusulan
    1. Pengusul adalah kelompok mahasiswa aktif jenjang Diploma Perguruan Tinggi anggota FPTVI dan non FPTVI.
    2. Anggota kelompok berjumlah 3-5 orang yang terdiri atas satu ketua kelompok dan lainnya sebagai anggota kelompok.
    3. Nama-nama pengusul harus ditulis lengkap tanpa disingkat.
    4. Setiap perguruan tinggi dapat mendaftarkan lebih dari satu tim.
    5. Tidak diperkenankan peserta yang terdaftar dalam dua tim yang berbeda.
    6. Mahasiswa pengusul dapat berasal dari satu perguruan tinggi yang sama dan dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama.
    7. Keanggotaan tiap kelompok dapat berasal dari angkatan yang sama, disarankan berasal dari minimal dua angkatan yang berbeda.
    8. Besaran dana kegiatan dalam proposal per judul Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) sampai dengan Rp. 15.000.000 (lima belas juta rupiah). 
    9. Proposal terdiri atas maksimal 15 halaman dihitung mulai Pendahuluan sampai dengan Jadwal Kegiatan (tidak termasuk Halaman Kulit Muka, Halaman Pengesahan, Daftar Isi, Ringkasan, Daftar Gambar, Biodata Pengusul dan Dosen Pembimbing, Surat Pernyataan Ketua jika disertakan, Surat Pernyataan Kesediaan Mitra).
    10. Format penulisan proposal adalah (.pdf) dengan ukuran file maksimum 5 MB dan diberi nama: Olinamasi_BusinessPlan_Nama Ketua Kelompok_Asal PT_Judul Business Plan.
  • Sistematika Proposal Kegiatan
    1. Proposal Business Plan ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,5 cm dengan format justified dan ukuran kertas A4, margin kiri 4 cm, margin kanan, atas dan bawah masing-masing 3 cm. Proposal business plan maksimal terdiri dari 15 halaman tidak termasuk sampul dan lampiran.
    2. Halaman sampul sampai dengan Ringkasan diberi nomor halaman dengan huruf i,ii,iii dst yang diletakkan pada sudut kanan bawah. Halaman utama yang dimulai dengan angka arab 1, 2, 3 dst diletakkan pada sudut kanan atas.
    3. Sistematika penulisan proposal adalah 
      • Halaman Sampul
      • Peserta wajib mencantumkan nama tim, nama anggota kelompok dan logo produk serta logo Olinamasi 2017. Peserta dibebaskan membuat desain cover sesuai dengan kreativitas dan tidak melanggar norma dan etika yang berlaku.
      • Halaman Pengesahan
      • Ringkasan Eksekutif Pada bagian ini dikemukakan tujuan dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai untuk mencapai tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan. Penulisan ringkasan proposal business plan maksimal 1 halaman.
      • Daftar Isi
      • Bab 1 Pendahuluan Pada bagian ini dijelaskan latar belakang, alasan dan keutamaan kegiatan bisnis yang diusulkan. Di bab ini juga dijelaskan proses identifikasi peluang usaha termasuk tentang persoalan masyarakat usaha dan kelayakan usaha tersebut. Peserta pada bab ini dapat menunjukkan luaran dan manfaat kegiatan yang diharapkan dari kegiatan usaha.
      • Bab 2 Deskripsi Bisnis Pada bagian ini dijelaskan kondisi umum lingkungan yang menimbulkan gagasan untuk pembuatan produk/jasa, deskripsi produk/jasa yang ditawarkan dan teknologi yang digunakan untuk mendukung kegiatan usaha perserta. Bab ini dapat 14 memberikan gambaran mengenai potensi sumberdaya dan peluang pasar termasuk analisis ekonomi usaha yang direncanakan disajikan secara singkat untuk menunjukkan kelayakan usaha. Gambaran usaha yang direncanakan harus menjanjikan perolehan profit untuk menjamin peluang keberlanjutan usaha setelah kegiatan ini selesai dilaksanakan. 
      • Bab 3 metode pelaksanaan Pada bab ini peserta akan menjelaskan tentang metode pelaksanaan menyajikan uraian tentang teknik, cara atau tahapan pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dan sekaligus pencapaian tujuan program. Penjelasan tentang arus produksi dari produsen hingga konsumen dapat dijelaskan pada bab ini. Pada bab ini peserta termasuk dapat menjelaskan peluang pasar dari produk/jasa yang ditawarkan, analisis industri dan pesaing, kebijakan STP (segmentation, targeting dan positioning), dan kebijakan marketing mix 4P (product, price, place and promotion)
      • Bab 4 Rencana Keuangan dan jadwal kegiatan Pada bagian ini dijelaskan rencana keuangan business plan yang mencakup kebutuhan modal, sumber pendanaan dan kebijakannya, proyeksi keuangan. Peserta di bagian ini juga menjelaskan jadwal kegiatan usahanya.
      • Penutup Pada bagian ini berisi uraian singkat dari aspek teknis, pasar dan keuangan serta prasyarat agar kegiatan dapat berjalan.
      • Daftar Pustaka
      • Lampiran-lampiran Lampiran 1. Biodata Ketua, Anggota dan Dosen pembimbing yang ditanda tangani Lampiran 2. Justifikasi anggaran kegiatan Lampiran 3. Susunan organisasi tim kegiatan dan pembagian tugas
  • Mekanisme Pengumpulan Proposal Business Plan
    1. Peserta mengunggah proposal business plan dan pernyataan orisinalitas karya dalam bentuk softcopy dengan format (.pdf) melalui website resmi Olinamasi 2017dengan nama file: Olinamasi_Businessplan_Nama Lengkap Ketua kelompok_Asal PT_Judul Business plan
    2. Peserta setelah mengunggah berkas proposal business plan wajib mengirimkan pesan singkat/sms konfirmasi kepada panitia narahubung lomba/Olinamasi paling lambat 1 x 24 jam dengan format Olinamasi_Business Plan_Nama Lengkap Ketua Kelompok_Asal PT_judul proposal business plan
  • Mekanisme Pengumpulan File Presentasi Business Plan
    1. Lima proposal terbaik akan dipilih oleh dewan juri. Peserta yang lolos tahap final akan mempresentasikan proposal business plan di hadapan juri dengan file presentasi yang telah dikirimkan sebelumnya. Peserta tidak diperkenankan melakukan perubahan terhadap materi presentasi pada hari pelaksanaan presentasi. Pelanggaran perubahan ketentuan ini maka peserta yang bersangkutan akan mendapat pengurangan nilai 10 ?ri nilai total presentasi.
    2. Finalis lima besar terpilih wajib mengunggah file presentasi melalui website resmi Olinamsi 2017. File presentasi dikirimkan dengan format power point (.pptx) dengan subject Olinamasi_PPTBusinessplan_Nama Lengkap ketua kelompok_Asal PT_Judul Business plan
  • Petunjuk Pelaksanaan
    • Babak Penyisihan
      1. Setiap peserta hanya berhak mengirimkan satu proposal.
      2. Peserta mengirimkan karyanya seperti ketentuan yang tersebut di atas.
    • Babak Final
      1. Lima proposal terbaik akan mengikuti babak final yang akan dilaksanakan di Program Diploma Institut Pertanian Bogor.
      2. Peserta dengan proposal terpilih akan mempresentasikan proposalnya di hadapan Dewan Juri. Peserta wajib menggunakan pakaian sopan, rapi, bersepatu dan mengenakan jas almameter dari perguruan tinggi masing-masing.
      3. Peserta akan melakukan daftar ulang dan wajib hadir paling lambat 30 menit sebelum presentasi. Peserta yang datang terlambat tanpa ada pemberitahuan akan mendapat pengurangan nilai presentasi.
      4. Panitia akan memberikan nomor urut presentasi secara acak kepada peserta pada hari pelaksanaan presentasi.
      5. Peserta wajib hadir selama lomba business plan berlangsung. Apabila peserta akan meninggalkan tempat kompetisi setelah melakukan presentasi maka peserta wajib memberitahukan ketidakhadirannya kepada panitia.
      6. Apabila peserta datang terlambat tanpa pemberitahuan sebelumnya maka dinyatakan gugur.
      7. Pada tahap presentasi setiap peserta diberikan waktu 10 menit untuk mempresentasikan proposalnya dan dilanjutkan 30 menit untuk uji argumentasi dengan juri.
  • Sistem Penilaian

Kriteria Penilaian Proposal Business Plan

No

Kriteria

Bobot

1.

Struktur dan Kelengkapan Proposal

5%

2.

Format Penulisan

20%

3.

Penggunaan tata bahasa dan Sistematika penulisan

25%

4.

Rasionalitas Ide dan Inovasi

35%

5.

Dasar teori dan kemampuan argumentasi yang kuat

15%

 

Kriteria Penilaian Presentasi Proposal Business Plan

No

Kriteria

Keterangan

Bobot

1.

Pemaparan Proposal

  • Sistematika penyajian dan isi business plan
  • Alat bantu dan media yang digunakan
  • Penggunaan bahasa, tutur yang baku
  • Cara presentasi Ketepatan waktu

15%

2.

Gagasan

  • Kreativitas gagasan (keunikan, manfaat dan dampak)
  • Kelayakan implementasi

45%

3.

Ketepatan waktu diskusi

  • Tingkat pemahaman gagasa
  • Penguasaan materi dalam penyampaian gagasan

40%

 

  • Hadiah dan Penghargaan Pemenang

Kompetisi

Juara

Penghargaan
Business Plan I Uang tunai Rp. 3.000.000,00, trophy, medali dan sertifikat
II Uang tunai Rp. 2.750.000,00, trophy, medali dan sertifikat
III Uang tunai Rp. 2.500.000,00, trophy, medali dan sertifikat

 

Narahubung: Irfan Trilaksono (089612201531/irfanlaksanakan)

Created At :22-May-2017 08:38:21