Debat Bahasa Inggris


Kompetisi debat dilaksanakan melalui dua tahap yaitu paper case dan debat. Pada tahap paper case, panitia memberikan satu mosi yang akan digunakan oleh peserta yang akan dijadikan dasar pembuatan sebuah esai pro dan kontra yang terstruktur. Panitia akan memilih delapan karya terbaik dari seluruh esai pro dan kontra yang dikirimkan peserta. Peserta dengan delapan karya terpilih akan mengikuti tahap presentasi yang dilaksanakan di Program Diploma Institut Pertanian Bogor. 

  • Ketentuan Peserta

Ketentuan Peserta Setiap tim terdiri dari tiga orang mahasiswa/I diploma perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta di Indonesia, baik anggota FPTVI atau non FPTVI. Setiap perguruan tinggi diperkenankan mengirimkan lebih dari 1 kelompok perwakilan.

  • Topik

Setiap kelompok debat diharuskan membuat esai dengan tema “The Utilization of Genetic Engineering Techniques to Meet Food Needs”.

  • Sistematika Penulisan Esai Debat Bahasa Inggris
    1. Landasan esai dibuat berdasarkan mosi yang ditetapkan oleh panitia.
    2. Esai terdiri atas pro dan kontra yang disusun secara terstruktur dan argumentasi yang konsisten.
    3. Esai ditulis dengan Bahasa Inggris sesuai kaidah bahasa.
    4. Esai diketik dengan kertas ukuran A4 dengan format spasi 1,5, menggunakan jenis huruf Times New Roman ukuran 12 dan batas pengetikan: samping kiri 3 cm, samping kanan 3 cm, batas atas 3 cm dan batas bawah 3 cm.
    5. Penulisan esai maksimal terdiri 1000 kata untuk masing-masing pro dan kontra.
    6. Esai merupakan karya sendiri.
  • Mekanisme Pengumpulan Esai Debat Bahasa Inggris
    1. Esai diunggah dengan bentuk softcopy dalam format (pdf.) melalui website resmi olinamasi 2017 beserta pernyataan orisinalitas karya. Ukuran file yang dikirimkan maksimal 5 MB.
    2. Peserta setelah mengunggah berkas kompetisi debat wajib mengirimkan konfirmasi melalui sms atau pesan singkat kapada panitia narahubung/olinamasi kompetisi dengan format: Olinamasi_Esai Debat_Nama Lengkap Ketua Tim_Asal PT_Judul Esai 
  • Petunjuk Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Inggris
    • Kompetisi debat ini menggunakan sistem debat Asian Parliamentary.
    • Tiap chamber terdiri dari dua tim yang saling berlawanan, yakni berperan sebagai pihak pemerintah (pro) dan pihak oposisi (kontra).
      • Pihak pemerintah, merupakan pihak yang mendukung dan mempertahankan mosi.
        1. Perdana Menteri (1st speaker); membuka perdebatan, mendefinisikan mosi, dan argumen-argumen selanjutnya.  
        2. Wakil Perdana Menteri (2nd speaker); membantah sanggahan yang dinyatakan oleh oposisi, menegaskan kembali klaim-klaim pemerintah melalui argument-argumen lebih lanjutnya.
        3. Government Whip (3rd speaker); membuat suatu permasalahan berdasarkan jawaban oposisi dan merangkum semua argumen pemerintah.
        4. Reply speaker; merangkum semua perdebatan yang telah terjadi baik sisi positif maupun sisi negatif dari sudut pandang pemerintah. 
      • Pihak oposisi, merupakan pihak membantah dan menegaskan mosi.
        1. Ketua Oposisi (1st speaker); bertanggungjawab secara langsung terhadap argumen-argumen pemerintah dengan memberikan konfrontasi langsung dan argumen-argumen lebih lanjut. Ia bisa mempertanyakan mosi jika mosi yang didefinisikan PM bisa dipertanyakan atau tidak bisa diperdebatkan.
        2. Wakil Ketua Oposisi (2nd speaker); membantah argumen yang dikeluarkan DPM, menegaskan kembali argumen oposisi dan menguatkan argument.
        3. Opposition Whip (3rd speaker); membuat suatu permasalahan (isu) berdasarkan jawaban dari pemerintah dan merangkum segala argumen oposisi.
        4. Reply speaker; merangkum semua perdebatan yang telah terjadi baik sisi positif maupun sisi negatif dari sudut pandang pihak oposisi.
    • Reply Speech
      • Pidato jawaban (reply speech) merupakan pidato yang berisi analisis perbandingan mengenai kekuatan dan kelemahan dari argument masing-masing pihak. Tujuannya adalah untuk memberikan penilaian berpihak mengapa juri harus memenangkan tim nya.
      • Waktu Pidato; Setiap pembicara berhak menyampaikan pidato argumennya dalam waktu 7 menit 20 detik.Satu perwakilan pembicara dari tiap pihak (pemerintah dan oposisi) masing-masing diberikan waktu 4 menit 20 detik untuk menyampaikan pidato jawaban (reply speech). Pada tiap-tiap menit yang telah ditentukan, time keeper akan memberi tanda:
        • Menit pertama : dua ketukan
        • Menit keenam : dua ketukan
        • Menit ketujuh 20 detik : ketukan berulang-ulang hingga pembicara menyelesaikan pidatonya.
      • Pada tiap-tiap menit reply speech maka time keeper akan memberikan tanda :
        • Menit pertama : dua ketukan
        • Menit keempat  : dua ketukan 
        • Menit keempat 20 detik : ketukan berulang-ulang hingga pembicara menyelesaikan pidatonya
    • Urutan Pembicara
    • Point of Informations
      1. Pada pidato terkonstruksi, point of information (POI) dapat dilakukan oleh tim lawan setelah menit pertama hingga menit keenam.
      2. POI tidak boleh diberikan saat menit pertama (0-1 menit) dan menit terakhir (6-7 menit 20 detik) karena pada waktu tersebut adalah protected minutes yang bertujuan memberikan kesempatan kepada pembicara untuk membuka dan menyimpulkan argumentasinya.
      3. Pada saat Pidato balasan (reply speech) disampaikan maka POI tidak dapat diajukan.
      4. Durasi waktu POI adalah maksimum 30 detik dan tidak diperkenankan menyampaikan POI berulang-ulang yang bertujuan mengganggu konsentrasi lawan (trashing).
      5. Pihak lawan harus berdiri saat akan melakukan POI kepada pembicara dan juga saat penyampaian POI.
      6. Pembicara dapat menerima ataupun menolak POI dengan cara memberi respon kepada pihak lawan.
      7. Apabila POI diterima, maka pembicara harus memberikan jawaban atas POI yang disampaikan oleh pihak lawan.
      8. Pihak yang melakukan trashing akan dikenakan pengurangan poin oleh adjudicator
  • Mekanisme Pelaksanaan
    1. Delapan tim terpilih akan dibagi menjadi empat kelompok untuk bertanding di babak penyisihan (preliminary round)
    2. Babak penyisihan akan dilaksanakan sebanyak tiga kali pada hari yang sama dengan lawan yang berbeda.
    3. Jika peserta berjumlah ganjil maka salah satu tim akan melawan swing team.
    4. Empat tim teratas akan maju ke babak selanjutnya, yaitu babak semi-final yang akan dilaksanakan satu kali. Kelompok pertandingan ditentukan dengan sistem fold paper berdasarkan peringkat tim. Dua tim yang menang akan maju ke babak final dan dua tim yang kalah akan maju ke babak perebutan peringkat ketiga.
    5. Peringkat tim pada tiap babak ditentukan oleh poin kemenangan (victory point), skor dan margin yang diperoleh.
    6. Pemilihan best speaker berdasarkan jumlah point yang diperoleh dari tiap individu dari seluruh babak. 
  • Petunjuk Teknis
    1. Penjelasan sistem debat, jadwal tanding dan list mosi akan diinformasikan saat technical meeting.
    2. Tidak semua mosi yang disampaikan pada saat technical meeting akan digunakan saat pelaksanaan debat. Pada kegiatan ini terdapat impromptu motions yaitu mosi yang digunakan saat pelaksanaan debat walau tidak terdaftar dalam mosi yang disampaikan sebelumnya.
    3. Panitia akan menentukan tema mosi (heading) yang akan digunakan saat pelaksanaan debat. Tim yang akan bertanding akan melakukan motion preference untuk menentukan topik mosi yang akan diperdebatkan.
    4. Setiap tim akan diantar ke chamber masing-masing oleh Liasion Officer (LO).
    5. Setiap tim diberikan waktu 30 menit sebelum pertandingan untuk melakukan case building. Pelaksaan ini dilakukan sendiri tanpa bantuan pelatih, pemantau ataupun pembimbing.
    6. Peserta tidak diperbolehkan melakukan kontak dengan pelatih, pemantau ataupun pembimbing saat mosi disampaikan, case building hingga selesainya pelaksanaan debat.
    7. Peserta hanya diperbolehkan membawa hasil research dalam bentuk hardcopy.
  • Peraturan Kompetisi Debat
    1. Finalis wajib hadir maksimal 30 menit sebelum sesi debat dimulai untuk melakukan registrasi ulang. Pengurangan poin diberikan apabila finalis datang terlambat tanpa pemberitahuan sebelumnya.
    2. Finalis akan didiskualifikasi apabila tidak hadir hingga waktu case building.
    3. Selama mengikuti kegiatan setiap finalis wajib berpakaian sopan, rapi, menggunakan sepatu serta jas almamater perguruan tinggi masing-masing.
    4. Keanggotaan tim tidak dapat digantikan oleh orang lain.
    5. Apabila terdapat tim yang tidak mengikuti salah satu ronde, maka akan mendapatkan VP 0 dan margin -3 pada ronde tersebut. Berlaku akumulatif Tim yang lawannya tidak hadir maka akan bertanding melawan tim yang juga lawannya tidak hadir. Jika tidak terdapat tim lain yang lawannya tidak hadir, maka tim tersebut akan melawan swing team.
    6. Jika terdapat tim yang memiliki victory point sama, maka peringkat akan memperhatikan margin. Jika margin tim tersebut sama, maka akan ditentukan berdasarkan skor tiap tim.
    7. Jika tim yang melaju ke babak semifinal berhalangan hadir saat hari pelaksanaan kompetisi dan melakukan konfirmasi kepada panitia maksimal H-1, maka tim yang berada pada peringkat kelima yang berhak maju ke babak semifinal.
    8. Saat case building dan debat berlangsung, seluruh media elektronik peserta dikumpulkan kepada Liaison Officer.
    9. Peserta yang melakukan kecurangan dalam bentuk apapun akan didiskualifikasi.
    10. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • Sistem Penilaian

Sistem Penilaian Esai Debat

No. Komponen Penilaian Keterangan Bobot
     1. Format Penulisan Ukuran kertas, Tipografi, Kerapian ketikan, tata letak, jumlah halaman, ketepatan format.   10%
     2. Aspek Kebahasan Ketepatan dan kejelasan penggunaan bahasa dalam menyampaikan gagasan. Ungkapan bahasa sesuai kaidah yang baik dan benar.   25%
     3. Ide Gagasan Ide pokok esai dan kesesuaian judul. Pesan yang ingin disampaikan penulisan   25%
     4. Argumentasi dan Pengembangan Gagasan Komprehensivitas pemikiran kritis (mengamati, mengklasifikasi, menganalisis, mengaplikasikan, mengkomunikasikan) Struktur gagasan (gagasan didukung oleh argumentasi sains yang ditulis secara runtut) Konsistensi dalam berargumen (pro atau kontra) Referensi data yang akurat   40%

 

Sistem Penilaian Debat

No. Komponen Penilaian Keterangan Bobot
   1.  Matter substansi debat, argumentasi, bukti-bukti yang disajikan, penalaran logis, dan penyampaian argumentasi.   40%
   2.  Manner gaya penyampaian, keahlian persuasi, dan tindakan peserta.   40%
   3.  Method penyusunan peran dan pengaturan tugas, respon yang dinamik dari debat dan kesesuaian dengan prinsip-prinsip debat.   20%

 

  • Hadiah dan Penghargaan Pemenang

Kompetisi

Juara

Penghargaan

Debat Bahasa Inggris

I

Uang tunai Rp. 3.000.000,00, trophy, medali dan sertifikat

II Uang tunai Rp. 2.750.000,00, trophy, medali dan sertifikat
III Uang tunai Rp. 2.500.000,00, trophy, medali dan sertifikat

 

Narahubung: Puspa Prihatin N. (081906395719/puspapn)

Created At :06-Aug-2017 03:07:43